Internal Control: Menuju Tujuan Perusahaan

Committe of Sponsoring Organizations of the Treadway Commission (COSO), lembaga di Amerika Serikat yang banyak mengkaji mengenai tata kelola perusahaan, etika bisnis, manajemen risiko, dll, mendefinisikan pengendalian internal sebagai sebuah proses yang diciptakan oleh Komisaris, Direksi, Manajemen lainnya, atau keseluruhan personel perusahaan untuk memastikan pencapaian tujuan perusahaan (www.coso.org).

Proses pencapaian tujuan perusahaan (dalam berbagai tingkatan) sendiri tidak akan selalu berjalan mulus. Tujuan-tujuan perusahaan atau organisasi, yang sudah ditetapkan seringkali dihadapkan pada  tantangan, gangguan, kesulitan, kecurangan, dan bahkan kesempatan itu sendiri.

Berangkat dari pemahaman ini, perusahaan memerlukan pengendalian internal yang memadai untuk memastikan bahwa semua kondisi itu tetap bisa dikendalikan, dikelola dan bahkan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mencapai tujuan atau kepentingan perusahaan.

Sebagai contoh:

KEPENTINGAN/TUJUAN PERUSAHAAN

TANTANGAN (RISIKO)

PENGENDALIAN INTERNAL

YANG DIPERLUKAN

Sumber Daya Manusia (Pegawai/Karyawan) bekerja dengan efektif dan loyal bagi perusahaan -      Pembajakan tenaga kerja oleh perusahaan lain/perusahaan pesaing.-      Tenaga kerja bekerja secara malas-malasan dan tidak efektif.  -      Melakukan evaluasi rutin atas skema benefit perusahaan agar senantiasa kompetitif dengan kondisi pasar tenaga kerja.-      Melakukan evaluasi kinerja SDM secara periodik untuk mengapresiasi kinerja SDM di perusahaan. 
Hasil Produksi perusahaan meningkat sebesar 10% pada tahun 2011 -      Mesin-mesin mengalami kerusakan pada jam produksi.-      Tenaga kerja produksi tidak efektif dalam menjalankan tanggung jawabnya.  -      Membuat prosedur perawatan mesin secara rutin dengan daftar perawatan yang sudah standar.-      Melakukan evaluasi secara bulanan mengenai jumlah dan kualitas produksi yang telah dihasilkan, beserta kendala-kendala terkait.-      Membangun sistem informasi dan komunikasi yang lancar kepada semua bagian perusahaan untuk menginformasikan hasil produksi yang sudah tercapai dan target yang masih harus direalisasikan.

 

Keselamatan tenaga kerja produksi terus dijaga dengan target “kecelakaan nihil (zero accident)” pada tahun 2011 -      Tenaga kerja tidak memahami prosedur keselamatan kerja dengan benar.-      Kondisi tenaga kerja tidak prima untuk bekerja.-      Peralatan kerja atau mesin-mesin produksi tidak prima mendukung keselamatan kerja.

 

-      Perusahaan mengadakan pelatihan rutin dan berulang-ulang mengenai prosedur keselamatan kerja .-      Perusahaan memasang papan informasi mengenai pentingnya keselamatan kerja.-      Perusahaan membuat kebijakan tentang pemeriksaan kesehatan rutin untuk tenaga kerja.

-      Alat-alat kerja dan mesin-mesin produksi dilengkapi dengan peralatan, perangkat lunak dan atau sistem yang menciptakan keselamatan kerja.

 

Dari contoh di atas, terlihat bahwa pengendalian internal adalah cara yang bisa dilakukan oleh manajemen dalam mengelola tantangan, gangguan, kesulitan, dll, untuk menjaga kepentingan organisasi atau mewujudkan tujuan yang telah ditetapkan oleh organisasi.

Manajemen, pada setiap tingkatan, harus menyadari bahwa pengendalian internal menjadi salah satu aspek penting dalam pengelolaan perusahaan, terutama untuk mengawal pencapaian tujuan perusahaan. Dalam pelaksanaannya, manajemen harus mampu mengidentifikasi dengan lengkap: tujuan perusahaan, tantangan (risiko) apa saja yang dapat menghambat pencapaian tujuan tersebut, dan kemudian menentukan pengendalian internal yang tepat untuk mengatasinya.

Penerapan pengendalian internal ini dimulai dari aktivitas bisnis yang memiliki risiko terbesar dan tetap mengedepankan aspek manfaat dan biaya, serta mempertimbangkan ketersediaan sumber daya perusahaan. (end)

Artikel ini dipublikasikan di Tabloid Serasi, PT Arutmin Indonesia

Gambar dari: http://toolkit.smallbiz.nsw.gov.au/part/1/1/3

About these ads
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: